Macam Macam Kerangka Layang-Layang

Macam Macam Kerangka Layang-Layang
Macam Macam Kerangka Layang-Layang

Layang-layang adalah salah satu mainan tradisional yang sangat menyenangkan untuk dimainkan. Sejak zaman dahulu, layang-layang selain digunakan sebagai ajang permainan juga digunakan untuk kontes. Dengan berbagai macam-macam kerangka layang-layang, kontes yang ada pun semakin meriah.

Namun nampaknya sekarang anak kecil lebih suka bermain gadget dirumah dibandingkan dengan membuat layangan lalu memainkannya. Padahal, kebahagiaan yang didapatkan dari hal semacam ini tidak bisa didapatkan dari kegiatan bermain gadget.

Macam Kerangka Layang-layang

Berikut kami berikan beberapa jenis-jenis kerangka layangan yang unik dan keren untuk kamu pelajari dan dicoba. Silakan simak pembahasannya baik-baik di bawah ini ya.

1. Kerangka layang layang Geulayang

Geulayang

Kerangka layang layang ini biasanya terbuat dari bambu yang telah diserut dengan rapi menggunakan alat khusus. Bambu tersebut kemudian dibuat menyilang untuk dibentuk menyerupai burung elang dengan kaki dan ekor yang lengkap. Bagian atas biasanya diberi tambahan bambu agar menyerupai mahkota dari elang tersebut. Dengan menggunakan benang jahit atau benang kasur, kerangka ini diikat agar lebih kuat saat dibentuk.

2. Kerangka layang layang Koangan

Kerangka layangan

Layang layang koangan berasal dari jakarta dan kerangkanya terbuat dari bambu. Biasanya kerangka layangan ini diserut manual dengan menggunakan pisau kecil. Agar lebih halus biasanya diampelas dulu sebelum dibentuk. Untuk membentuk kerangka layang layang ini biasanya digunakan benang jahit biasa karena ukuran layangan ini biasanya tidak terlalu besar. Layangan koangan ini biasanya ditambahkan ornamen penghasil bunyi pada rangkanya sehingga dikenal dengan nama koang.

3. Kerangka Layang layang Kaghati

Kaghati
Layang layang kaghati berasal dari bali dan kerangka layang layang ini terbuat dari bambu yang kemudian dibentuk menyerupai kerangka layang layang biasa pada umumnya dan dikencangkan dengan benang yang kemudian ditutupi dengan daun nenas dan tidak menggunakan kertas. Kerangka layang layang ini berukuarn sangat besar dan biasa dibentangkan di pantai di Bali jika ada acara adat.

4. Kerangka Layang-Layang Dandang Laki

Kerangka Layang layang yang berasa dari kalimantan selatan ini menyerupai burung Rangkong. Kerangkanya biasanya terbuat dari rotan kecil atau bambu yang telah diserut dengan halus. Rangka ini kemudian dibentuk sedemikian rupa agar membentuk mirip burung rangkong. Untuk Kerangka Layang layang dandang laki biasanya ditambahkan ornamen tambahan sebagai dudukan alat penghasil bunyi yang disimpan di kedua bahu layang layang. Bunyi yang keluar dari layang layang ini sangat merdu dan enak didengar.

5. Kerangka layang layang dandang bini

Kerangka layangan ini adalah pasangan dari kerangka layang layang dandang laki. Sama sama berasal dari Kalimantan selatan, Kerangka layang layang dandang bini biasanya dibuat lebih simple agar tidak terlalu mencolok setelah ditutupi kertas. Kerangka layangan ini tidak ditambahkan dudukan untuk alat penghasil bunyi. Itu saja bedanya dengan layang layang dandang laki.

6. Kerangka Layang layang Pepetengan

Kerangka Layang layang pepetengan sangat mudah untuk dibuat, hanya tinggal menyilangkan dua buah bambu yang telah diserut sedemikian rupa agar simetris dan seimbang, untuk kemudian diikat dengan benang tipis beberapa kali lipatan menggunakan simpul mati. Kerangka layangan yang sudah jadi bisanya dijemur terlebih dahulu agar menghilangkan air yang terkandung di bambu agar bobot kerangka lebih ringan. Kerangka layang layang pepetengan ini banyak ditemui di daerah Jawa Barat.

7. Kerangka Layang-Layang Janggan

Layangan janggan naga
Kerangka Layang Layang Janggan adalah kerangka layang layang paling besar di Indonesia. Setelah dilapisi kertas, ukuran layang layang ini bisa mencapai 250 meter. Dan perlu banyak sekali orang untuk menerbangkannya dikarenakan ukurannya yang super raksasa ini. Layang layang janggan biasa ditemui di Bali dan merupakan salah satu layang layang yang digunakan untuk ritual atau upacara adat.

8. Kerangka Layang Layang Jatayu

Kerangka Layang layang Jatayu menyerupai burung Jatayu yang sebenarnya, melebar di bahu, dan memanjang dengan dua kaki dan dua sayap. Setelah dibentuk dengan baik, bambu yang dipakai untuk membuat kerangka sebaiknya dikeringkan terlebih dahulu agar bobot rangka makin ringan. Ukuran Kerangka Layang Layang Jatayu ini cukup lebar, hampir 2 meter, ada juga yang membuatnya dengan ukuran yang lebih besar lagi. Layangan Jatayu seringkali ditemui di daerah Jawa Tengah.

9. Kerangka Layang Layang Sumbulan

Kerangka layang layang sumbulan terbuat dari bambu kuning yang telah diserut dan dihaluskan. Kerangka layang layang ini sangat mudah untuk ditemui di daerah Jawa Tengah. Kerangka ini biasanya dikencangkan dengan menggunakan benang tipis dan diterbangkan dengan tali yang terbuat dari kulit pepohonan yang telah di anyam dengan rapi. Karena ukurannya besar, langan layang jenis ini hanya diterbangkan oleh orang dewasa.

10. Kerangka Layang Layang Daun

Layang layang daun berasal dari Lampung. Kerangka layang layang ini terbuat dari bambu yang diikat dengan tali yang berasal dari kulit daun lontar yang telah dianyam dengan rapi. Setelah kerangka ini dibuat, biasanya kerangka beserta daun yang akan dijadikan bayu layangan dijemur selama kurang lebih empat hari untuk mengurangi bobot layangan ini.

Baca Juga :  Cara Membuat Kerangka Layang-Layang Capung

11. Kerangka Layang Layang Siger

Siger

Kerangka Layang Layang Siger sama dengan kerangka layangan lainnya yaitu terbuat dari bambu yang telah diserut dengan halus dan dibentuk menyerupai layangan siger pada umumnya. Layangan ini sangat cantik saat diterbangkan dan memiliki nilai seni tinggi. Untuk membentuk pola layangan siger, biasanya digunakan tali yang berasal dari kulit pohon yang kuat atau benang kasur yang sudah direndam lama di air. Layang Layang ini juga berasal dari Lampung.

12. Kerangka Layang Layang Kajang Lako

Kerangka Layang layang ini sedikit menyerupai perahu. Bahan baku pembuatannya biasanya bambu basah. Bambu basah ini sangat mudah untuk dibentuk dan sifatnya masih elastis sehingga tidak akan patah saat dibelokkan. Untuk membuat Layang layang Kajang Karo diperlukan bahan bambu yang panjang karena layangan ini berukuran ekstra besar. Setelah dibentuk, biasanya bambu tersebut dikunci posisinya dengan menggunakan benang yang kuat.

13. Kerangka Layang Layang Doro Keplok

Layangan yang berasal dari Depok ini memiliki bentuk umumnya layangan. yang membedakan adalah cara pembuatannya. Saat ini Layang layang doro keplok sangat susah ditemui. Bentuk kerangkan layangan ini menyerupai prisma segi lima dengan tiap ujung diberikan rumbai untk mempercantik bentuk layangan ini.

14. Kerangka Layangan Sendaren

Layangan unik

Untuk membuat kerangka layangan sendaren diperlukan bambu yang elastis dan masih muda. Karena ada bagian yang dilengkungkan secara memutar 180 derajat sebagai bagian samping layangan ini. Dengan kerangka layangan yang telah dibuat ini layangan sendaren yang berasal dari Jawa Tengah ini bisa segera ditempeli kertas sesuai selera setelah sebelumnya dilem terlebih dahulu.

15. Kerangka Layangan Bapangan

Bapangan

Sama seperti layangan lain selain dari faktor unik, kerangka layang layang bapangan jawa ini juga terbuat dari bambu. Bambu yang dipilih adalah bambu yang masih muda. Usahakan memilih bambu yang agak basah agar lebih lentur. Bambu ini kemudian dibentuk sesuai bentuk kerangkan layangan bapangan dan anda ikat dengan simpul mati pada titik titik persilangannya. Setelah desain layang layang siap, anda hanya tinggal melapisinya dengan kertas aau media lain yang telah disiapkan sebagai bahan penutup. Jangan lupa untuk merekatnya dengan lem yang kuat. Layangan bapangan ini berukuran sedang. Tapi bisa juga dibuat besar.

16. Kerangka Layangan Bebean

Kerangka Layang layang bebean menyerupai ikan pari raksasa, tapi lebih rumit karena memiliki sepuluh sudut. Kerangka layangan ini biasanya terbuat dari bambu yang kuat atau rotan. Tapi terkadang ada juga yang menggunakan kayu karena terkadang Kerangka Layang Layang yang dibuat adalah kerangka berukuran besar. Untuk kerangka layangan bebean saat ini banyak yang dijual tipe Knock Down atau tipe yang bisa dibongkar pasang.

17. Kerangka layangan Pecukan

Kerangka layangan pecukan terbuat dari bambu yang dilengkungkan dibagian sampingnya. Sedangkan bambu lain disilangkan karena kerangka layangan ini harus memiliki empat sudut nantinya. Untuk membuat kerangka layang pecuk, ada standarisasi yang tidak boleh dilanggar, hal ini dikarenakan layang layang pecuk ini sringkali digunakan sebagai salah satu media upacara adat.

18. Kerangka Layang Layang Gapangan

Kerangka layangan gapangan juga terbuat dari bambu dan sangat mudah untuk dibentuk karena tidak terlalu rumit desainnya. Layangan gapangan memiliki kerangka yang sekilas mirip dengan kerangkan layangan sendaren, yang membedakan adalah bagian bawah layang layang yang dibentuk seperti bulan sabit terbalik. Layangan Gapangan bisa dengan mudah ditermui di daerah Blitar.

19. Kerangka Layangan Tapean

Kerangka layangan tapean mudah untuk dibuat karena tidak terlalu rumit bentuknya. Layangan ini juga bisa dengan mudah ditemui di wilayah Jawa Timur. Kerangka layangan tapean pada intinya memiliki dua bagan utama dimana bagian yang pertama berperan sebagai kepala dengan ukuran yang besar. Sedangkan ukuran lain bisa dibilang bagian ekor dengan ukuran yang relatif lebih kecil. Kerangkan layangan ini mirip dengan kerangka layangan sendaren dari Jawa Tengah, yang membedakan mungkin desain ekornya saja.

20. Kerangka Layangan Goang

Kerangka Layangan Goang terdiri dari tiga bagian utama yang terdiri dari bagian kepala badan dan ekor. Kerangka bagian kepala dibuat paling kecil membentuk segitiga. Sedangkan kerangka bagian badan dibuat dengan ukuran jumbo. Kerangka bagian ekor dibuat lebih kecil dari kerangka badan tapi lebih besar dari kerangkan bagian kepala. Banyak orang yang berpikiran kalau layang layang goang ini masih sama dengan layangan sendaren.

21. Kerangka Layangan Degung

Kerangka layangan degung sebenarnya sangat simple dan mudah untuk dibuat. Layangan ini menyerupai layang layang pada umumnya yang menyerupai ikan pari dengan ekor menjuntai. Kerangkan layangan degung ini dibuat dari bahan bambu, atau bisa juga dibuat dari dahan bakau yang lentur. Layangan degung ini memiliki ornamen tambahan berupa alat penghasil suara yang bila diterbangkan dan terkena angin, bunyi yang dihasilkan menyerupai suara dengungan dari alat musik degung.

Baca Juga :  Tempat Mencari Sarang Walet Yang Paling Mudah

22. Kerangka Layang layang Kleung

Kerangka layang layang kleung menyerupai peswat terbang meskipun maksud sebenarnya adalah menyerupai burung. Kerangka layangan ini terdiri dari tiga bagian utama yaitu kepala, badan dan ekor. Untuk bagian kepala mungkin sengaja dibuat paling kecil. Sedangkan untuk ukuran badan dibuat ukuran paling besar. Bagian pundak kerangka layangan dibuat sedikit melengkung agar bisa meluncur dengan cepat. Kerangka layangan ni umunya terbuat dari bambu.

23. Kerangka Layangan Musayeub

Kerangka Layangan musayeub hampir sama dengan layangan kleung, bedanya layangan musayeub memiliki porsi kepala yang lebih besar. Dengan porsi kepala yang lebih besar ini, layangan musayeub tidak mau diam jika diterbangkan sehingga terlihat seperti sedang menari nari di langit. Bahan utama pembuatan kerangka layangan ini adalah bambu yang kokoh. Bambu tersebut dibentuk sesuai standar layangan musayeub lalu dismpul mati dengan benang yang kuat.

24. Kerangka Layangan Pengantin

Kerangka layangan pengantin yang berasal dari Banjar Kalimantan Selatan ini terbilang sangat rumit karena Layangan ini hanya dibuat untuk prosesi pernikahan. Kerangka yang rumit juga diimbangi dengan desain yang rumit. Kerangka layangan ini biasanya terbuat dari bambu dengan puluhan sudut yang akhirnya akan dibanduli dengan beragam manik manik sebagai simbol kebahagiaan pengantin yang menikah.

25. Kerangka layangan Perisai

Layangan perisai

Kerangka ayangan perisai didesai cukup aerodinamis, mengingat namanya juga perisai, kerangka layangan yang terbuat dari bambu ini juga menyerupai perisai setelah ditempeli kertas penutupnya. Kerangka layangan yang berasal dari Kalimantan Timur ini memiliki beberapa sudut saja dan membutuhkan beberapa kerangka bambu untuk membentuknya. Tapi tidak terlalu rumit dan terbilang mudah untuk dibuat jika anda ingin membuatnya sendiri di rumah.

26. Kerangka Layangan Phinisi

Sebagaimana namanya, kerangka layangan ini sangat rumit seperti kapal phinisi yang berasal dari Sulawesi. Yap, Kerangka layangan yang dibuat pun membutuhkan banyak sekali bambu yang telah diserut dengan baik untuk dibentuk sesuai kapal phinisi. Seperti anda tahu kapal phini adalah salah satu kapal yang terbilang yang memiliki banyak sudut. Kerangka ini nantinya dilapisi dengan bahan penutup yang biasanya terbuat dari kertas dengan tekstur yang kuat.

27. Kerangka Layangan Burung Enggang

Enggang

Kerangka Layangan burung enggang memang agak rumit dan menyerupai burung enggang itu sendiri. Kerangka layangan ini membutuhkan beberapa lajur bambu yang telah diserut untuk kemudian dibentuk sesuai pola yang ada. Persilangan dari bambu bambu ini diikat mati dengan benang yang kuat.

28. Kerangka layangan adu

Kerangka layangan adu berukuran kecil dan tidak rumit, hanya berupa dua lajur kayu yang dibuat menyilang kemudian diikat dengan benang dan sisi sisinya dibentangi benang penarik agar bahu layangan lebih melengkung. Layangan adu ini sangat mudah untuk dikendalikan karena ukurannya yang kecil. Dengan ukuran kerangka yang kecil ini layangan adu sangat mudah untuk melakukan manuver di udara saat haru bertempur dengan layangan adu lainnya.

29. Kerangka Layangan Galabag

Kerangka layangan ini menyerupai layangan adu pada umumnya hanya saja berukuran raksasa. Kerangan layangan galabag biasanya terbuat dari bambu yang telah diserut dan dilengkungkan pda bagian bahunya, akan tetapi, seringkali pada bagian ekor diberikan ornamen tambahan agar layangan ini berbeda dengan layangan adu pada umumnya. Layangan galabag sangat mudah untuk ditemui di wilayah Jawa Barat.

30. Kerangka Layangan Gedeg

Layangan gedeg

Layangan Gedeg adalah layang yang berasa dari Jawa Barat. Kerangka layangan ini dari mulai bahan dan proses pembuatannya sama dengan layangan adu. Satu satunya hal yang membedakan adalah, rangka bambu yang dijadikan lajur pada bagian bahu memang sengaja dibuat berat sebelah agar layangan ini terus berputar putar seperti orang gedeg (gila-bahasa sunda). Layangan ini bisa digunakan untuk membandang, atau menangkap layangan lain yang putus di udara.

Dari berbagai macam kerangka layang-layang tersebut diatas, menurut kamu mana yang paling unik dan bisa dibuat sendiri dari rumah?. Bila ingin membuat layangan, jangan lupa minta didampingi sama mereka yang sudah pandai ya.
Semoga berbagai macam kerangka layang-layang diatas bisa memberikan manfaat untuk anda semuanya. Sampai jumpa di artikel berikutnya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*