Cara Membuat Rangka Layang-Layang Burung dari Bambu

Cara Membuat Rangka Layang-Layang Burung dari Bambu
Cara Membuat Rangka Layang-Layang Burung dari Bambu

Layang-Layang berbentuk kerangka burung adalah jenis yang paling banyak dibuat di dunia. Bahkan untuk kontes atau festival layang pun seringkali ditampilkan layang-layang burung raksasa.

Untuk membuat kerangka layang-layang dari burung tidaklah sulit dan juga tidak mudah. Kita hanya perlu melakukan beberapa langkah dengan detail. Agar hasilnya rapi, pastikan lakukan proses pembuatan dengan cermat dan rajin.
Membuat Rangka Layang-Layang Burung dari Bambu

Berikut berbagai macam cara membuat rangka layang-layang burung menggunakan bilah bambu. Yuk simak penjelasannya:

1. Pilih bambu yang masih muda

Langkah pertama adalah memilih bambu yang masih muda sebagai bahan baku kerangka. Pilihlah bambu sesuai kebutuhan. Bambu yang masih muda biasanya berwarna hijau.

2. Potong Bambu Sesuai Kebutuhan

Potonglah Bambu seseuai kebutuhan mengikuti ukuran layang-layang yang akan anda buat. Kemudian belah bambu tersebut dan sisihkan belahan dengan ketebalan 1 Cm. Buatlah 5 Lajur bambu dengan ketebalan 1 Cm ini. Karena selanjutnya lajur bambu ini akan dijadikan kerangka utama.

3. Serut Bambu Sampai Halus

Serutlah bambu yang sudah anda potong itu dengan pisau tajam. Sesuaikan hasil serutan dengan posisi penempatan bambu nantinya. Untuk Bagian Bahu Layangan, sebaiknya sisi kanan dan kiri bambu dibuat lebih tipis karena akan dilengkungkan nantinya.

Tanaman bambu yang paling cocok adalah bambu tali dan bambu petung. Kualitasnya sangat bagus dibandingkan tanaman jenis lain.

4. Bentuk Lajur Bambu menyerupai Burung

Lajur bambu yang telah diserut kemudian anda potong dan sesuaikan panjang lebarnya sesuai dengan posisi dan penempatan bambu. Pilhlah 2 lajur bambu terpanjang untuk dijadikan Tulang utama layang layang. Kemudian tempatkan lajur bambu yang lain membentuk burung. Lengkap dengan kepala dan ekor.

5. Ikat Persilangan Bambu

Untuk semua persilangan bambu yang ada, Ikatlah dengan beberapa lilitan sebelum disimpul mati. Ikat dengan kuat agar layangan yang dihasilkan lebih kokoh. Lalu bentuk pinggiran layangan dengan membentangkan benang pada tiap tiap sudut kerangka layangan burung yang anda buat. Kerangka Layang layang burung dari bambu pun siap untuk digunakan.

Cara Lainnya:

#Langkah 1

Siapkan Bambu yang telah diserut dan dipotong sesuai dengan kebutuhan anda. Tempatkan bambu tersebut pada posisi yang semestinya dan usahakan posisi bambu ada dalam keadaan simetris. Buatlah garis bantu dengan pensil untuk menandai lokasi persilangan bambu yang telah anda siapkan.

#Langkah 2

Ikat Persilangan Bambu dengan benang sampai kuat dan tidak longgar atau bergoyang goyang karena ini akan mempengaruhi keseimbangan layangan anda nantinya. Anda bisa berpatokan pada tanda lokasi dari pensil yang telah anda buat sebelumnya.

#Langkah 3

Bentangkan benang untuk menarik pojok pojok kerangka yang anda buat sesuai dengan bentuk yang telah anda rencanakan sebelumnya. Lengkungkan bambu dengan benang agar menyerupai desain kerangka layang-layang burung dari bambu yang telah anda buat.

#Langkah 4

Timbang dengan benang keseimbangan rangka yang telah anda buat. Jika kurang seimbang ada dua pilihan, anda bisa menambahkan bandul pilihan, atau menyerut kembali sisi kerangka yang lebih berat. Lakukan proses ini hingga kerangka yang anda buat benar benar seimbang. Anda bisa juga menambahkan lilitan benang di sisi yang lebih ringan. Jika proses ini telah selesai, kerangka layangan anda sudah siap untuk digunakan.

Anda juga bisa menggunakan cara ini:

A. Pertama tama anda harus menyiapkan desain kerang brung terlebih dahulu, anda bisa searching di internet mengenai polanya ini. Pola ini berguna untuk melihat pebrandingan panjang dan berapa jumlah batang bambu yang dibutuhkan untuk membuat kerangka layang-layang burung.

B. Langkah selanjutnya anda bisa memilih bambu yang baik untuk dijadikan kerangka. Potong bambu terlebih dahulu sesuai panjang dan lebar kerangka yang akan anda buat. Setelah dipotong anda bisa lanjut ke proses pembelahan bambu tersebut. Jangan lupa, setelah diserut, sebaiknya anda melakukan penyerutan agar bambu lebih lembut. Bambu yang belum diserut sangat rentan bisa menggores tangan.

C. Setelah dilakukan pemotongan, buatlah marka dengan menggunakan pensil atau dengan alat tulis lainnya, tandai posisi persilangan tiap tiap bambu untuk kemudian anda ikat dengan benang dengan ikatan mati. Ikat dengan kuta agar tidak copot atau longgar nantinya.

D. Bentangkan benang di masing masing pojok kerangka, tarik benang lebih uat pada kerangka yang akan dilengkungkan hingga mencapai lengkungan yang anda inginkan.

E. Timbang kembali kerangka buatan anda, jika seimbang, berarti kerangka layang layang burung dari bambu buatan anda sudah bisa digunakan untuk proses selanjutnya.

Bagi saya, inilah teknik membuat layangan burung termudah:

1. Proses Pertama :

Buatlah desain kerangka layang layang burung sesuai selera anda, usahakan jangan terlalu banyak persilangan bambu di dalamnya. Hal ini akan mempersulit proses pembuatan kerangka layangan selanjutnya.

2. Proses Kedua :

Siapkan batang bambu yang bagus, lebih baik anda pilih yang muda karena batang bambu yang masih muda sangat mudah dibentuk. Potong batang bambu yang sudah anda siapkan sesuai dengan panjang dan lebar desain kerangka yang telah anda buat. Serut bambu tersebut hingga halus. Jangan lupa untuk mengatur keseimbangan bambu dengan menggunakan benang.

3. Proses ketiga :

Lakukan proses penyusunan bambu dan ikat bambu tersebut dengan simpul simpul dari benang yang kuat. Buatlah lilitan benang secukupnya agar ikatan lebih kuat. Usahakan agar lilitan benang yang anda buat tidak menyisakan ekor atau sisa benang karena akan terlihat tidak bagus pda akhirnya.

4. Proses Keempat :

Bentangkan benang pada sisi sisi atau sudut kerangka layangan yang anda buat. Jangan lupa untuk menarik batang kayu yang akan lebih dilengkungkan terlebih dahulu. Usahakan agar batang kayu yang ditarik simetris posisinya. Jika tidak seimbang maka akan mengurangi performa layangan anda setelah jadi. Jika telah selesai, makan kerangka layang layang burung dari bambu sudah siap untuk digunakan.

Bila ingin lebih simpel, silakan ikuti langkah berikut ini:

1. Siapkan desain atau rancangan rangka layang layang burung anda. Buat sedetail mungin dari mulai panjang dan lebarnya, oranamen tambahan, hingga panjang benang yang dibutuhkan untuk dijadikan bentangan. Setelahnya , siapkan bambu yang masih segar sebagai bahan baku kerangka. Ukurlah panjang dan lebar kerangkan untuk kemudian diaplikasikan ke bambu ini. Semakin detail akan semakin baik, usahakan jangan salah dalam proses pengukuran ini.

2. Belah Bambu yang telah anda ukur sesuai kebutuhan, karena batang layangan biasanya memang berukuran kecil, sebaiknya belah bambu dalam ukuran kecil. Jangan lupa untuk menyiapkan benang pengikat bambu ini. Panjang benang yang dbutuhkan juga harus diukur dari awal.

3. Setelah dibelah, Bambu yang telah dibelah itu diserut hingga seimbang, anda bisa menimbangnya dengan menggunakan benang untuk melihat keseimbangan bambu yang telah anda serut ini. Jika belum seimbang, anda bisa terus menyerut sisi bambu yang lebih berat hingga seimbang.

4. Proses selanjutnya dalah penyusunan kerangka, buatlah kerangka dengan menempatkan bambu bambu yang telah anda belah dan serut sesuai dengan rancangan kerangka layang layang burung yang telah anda buat sebelumnya. Setelah ini anda bisa melakukan pengikatan kerangka ini sesuai desain. Dan kerangka layang layang burung anda pun siap untuk digunakan.

Cara yang seringkali dilakukan orang:

1. Buatlah desain kerangka layang layang burung bambu sesuai selera anda. Jika kesulitan dalam membuat desainnya, anda bisa mencari referensi desain kerangka layang layang burung ini di internet. Disana banyak sekali referensi kerangka layang layang burung yang cantik.

2. Siapkan bahan bahan dan alat alat pembuatan seperti bambu yang telah dibelah, benang, dan pisau serta gunting untuk alat pembuatannya.

3. Serut bambu yang telah dibelah setelah panjang dan lebarnya disesuaikan dengan desain yang anda siapkan sebelumnya. Pilihlah bambu yang paling bagus kualitasnya. Setelah diserut sebaiknya anda menimbang keseimbangan bambu ini dengan benang. Jika seimbang maka bambu siap untuk dirakit menjadi kerangka layang layang burung sesuai keinginan anda.

4. Lakukan penempatan bambu sesuai desain. Ikatlah bambu bambu tersebut dengan benang yang sudah anda siapkan sebelumnya. Buatlah lilitan beberapa kali agar ikatan menjadi kuat. Jangan lupan untuk membuat simpul mati di akhir lilitan.

5. Bentangkan benang di setiap sudut kerangka layang layang burung anda dan hubungkan tiap tiap sudut dengan benang tersebut. Jika proses ini selesai, makan kerangkan layangan anda siap untuk digunakan.

Opsi Lainnya yang Bisa Kamu Coba:

Pertama :

Pilihlah jenis rangka layang layang burung yang anda sukai. Lebih baik jika anda melakukan print out rangkalayang layang yang telah anda pilih tersebut. Hal ini akan memudahkan proses pembuatan rangka layang-layang burung anda selanjutnya.

Kedua :

Siapkanlah bahan bahan yang diperlukan dalam proses pembuatan seperti, benang dan tentunya bambu. Jangan lupa untuk menyiapkan alat pembuatan juga seperti Pisau atau cutter dan gunting untuk memotong benang.

Ketiga :

Mulailah melakokan pemotongan batang bambu sesuai dengan pola yang anda pilih. Jangan samapai salah dalam pengukuran karena akan menyebabkan ketidakseimbangan hasil rangka nantinya yang tentu akan berpengaruh pada performa layang layang setelah jadi. Setelah dipotong dan dibelah, serutlah bambu agar lebih lembut dan lentur. Jangan tergesa gesa karena kalau terlalu tipis, anda mungkin harus mengulang serutan dari awal lagi.

Keempat :

Langkah terakhir hanya tinggal melakukan pengikatan setiap persilangan kayu dan melakukan pembentangan benang di setiap sudut rangka layangan anda. Jika telah selesai dilakukan, timbanglah rangka hasil karya anda dengan benang. Jika telah seimbang, berarti anda berhasil melakukannya.

Macam Kerangka Layang Burung yang Bisa Kamu Bikin:

A. Kerangka Layang layang burung elang adalah opsi pertama dari sekian banyak bentuk burung yang bisa dibuat. Anda bisa membuatnya dengan menyiapkan beberapa batang bambu yang telah di serut dan ditimbang untuk kemudian diikat dan ditempatkan sesuai dengan desain kerangka yang anda miliki

B. Kerangka layang layang burung garuda juga bisa dibuat dengan menggunakan bambu. Anda hanya perlu mencari desain kerangka ini terlebih dahulu, tentunya menjadi sebuah keuntungan jika anda bisa mendesainnya sendiri. Prosesnya sama saja, anda hanya perlu menyiapkan beberapa batang bambu yang natinya harus anda serut sesuai desain, lalu anda ikat sesuai posisinya dalam desain hingga benar benar menyerupai garuda. Ranga layang layang pun siap untuk diproses lebih lanjut.

C. Rangka layang layang burung walet ini sangat mudah untuk dibuat. Burung walet yang memiliki bentuk tubuh aerodinamis sangat cocok untuk diaplikasikan menjadi layang layang. Pilihlah desain yang paling menarik menurut anda, lalu anda ikuti tata cara pembuatannya. Pasti akan sangat mudah untuk dilakukan karena pada dasarnya, pembuatan rangka layang layang burung dari bambu itu tidak sesulit yang dibayangkan, masalh bisa dibilang menyenangkan.

D. Rangka layang-layang burung merpati dari bambu bisa dengan mudah dibuat jika desainnya telah ditentukan. Apalagi burung merpati memang tidak serumit burung lainnya seperti burung garuda atau burung Elang. Siapkan bahan bahan yang diperlukan dan buat rangka layang layangnya. Setelah rangka dibuat jangan lupa untuk menimbangnya dengan benang agar hasil akhirnya lebih sempurna.

E. Rangka layang layang burung bangau dari bambu juga seringkali dipilih sebagai salah satu rangka layang-layang burung dari bambu paling indah. Akan tetapi rangka layang layang ini cukup rumit. Mungkin diperlukan ketelitian lebih dalam proses pembuatannya. Untuk itu hal yang harus diperhatikan adalah ketepatan dalam mengukur dan memotong serta keseimbangan hasil serutan bambu yang akan dirakit menjadi rangka layang layang burung bangau.

F. Rangka layang layang burung rangkong adlah salah satu rangka burung yang cukup digemari, rangka layang layang ini banyak dibuat di Kalimantan. Rangka burung ini sangat mudah untuk dibuat karena tidak terlalu rumit, Untuk menjadikannya sempurna, anda harus mengikuti desain rangka layang layang burung yang bisa dengan mudah didapatkan di internet. Perhatikan juga keseimbangan bambu yang dipakai agar hasil akhirnya memuaskan.

G. Rangka layang layang burung rajawali dari bambu sangatlah sulit untuk dibuat, tapi meskipun sulit, banyak orang yang sengaja membuatnya, terkadang rangka layang layang ini dijual dengan harga yang lumayan mahal. Rangka layang layang burung rajawali memerlukan banyak batang bambu dan simpul mati. Hal ini dikarenakan rangka burung ini memang terlihat sangat mirip dengan aslinya. Tentunya hal ini membutuhkan desain yang rumit ya.

H. Rangka layang layang burung jatayu. Jatayu adalah sejenis burung garuda tapi memiliki kemampuan untuk berbicara. Karena dianggap dewa, tentu tidak boleh sembarangan membuat rangka burung ini. Rangka burung jatayu biasanya terbuat dari bambu dan dibuat dalam waktu berhari hari. Jika anda berencana membuatnya, mungkin diperlukan bimbingan dari yang sudah ahli karena jika tidak, rangka burung anda mungkin malah tidak bisa terbang nantinya.

I. Rangka layang layang kelelawar juga bagus untuk dicoba. Selain lebih mudah dibanding kedua burung di atas, kelelawar yang tidak termasuk kategori burung tapi mirip burung secara anantomi nya ini sangat mudah untuk diaplikasikan menjadi layang layang. Kerangka layang layang kelelawar juga bisa dibuat dengan mudah. Hal ini dikarenakan rangka layang layang kelelawar tidak membutuhkan terlalu banyak bambu dan simpul.

Bagaimana? Lengkap bukan berbagai macam pembahasan seputar cara membuat rangka layang-layang burung dari bambu. Semoga cara ini bisa memberikan manfaat buat anda semuanya. Jika tertarik dengan informasi dari blog ini, jangan sungkan untuk bookmark halaman ini ya.

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*