Cara Membuat Kerangka Layang-Layang Capung

Cara Membuat Kerangka Layang-Layang Capung
Layang-Layang Capung

Layangan capung menjadi salah satu jenis layangan yang unik, bahkan lebih unik daripada layang-layang elang.  Karena proses pembuatannya yang memang sulit, jadi layang capung hanya ditampilkan pada acara besar. Misalnya festival layangan, pameran layangan atau kegiatan lainnya.

Silakan simak saja pembasannya untuk berbagai macam informasi seputar cara membuat kerangka layang-layang Capung.

1. Kerangka layang-layang capung berbahan bambu bisa anda buat dengan mengikuti tutorial yang banyak beredar di internet. Mengingat bambu sangat mudah didapatkan, terlebih di daerah pedesaan yang masih memiliki hutan bambu, tentunya kerangka layang layang capung dari bahan bambu ini bisa anda dapatkan secara gratis sehingga mengurangi biaya pembuatan. Anda hanya perlu memotong dan membentuk bambu yang telah disiapkan mengikuti desain awal kerangka layang layang.

2. Kerangka layang-layang capung berbahan rotan bisa diaplikasikan dengan mudah mengingat rotan sangat elastis untuk dilengkungkan atau dibentuk. Rotan memang agak mahal, tapi tentu kualitas yang dihasilkan bisa lebih bagus. Sayangnya, bahan rotan ini mulai agak sulit untuk ditemukan. Jangankan di kota-kota besar, di daerah pedesaanpun para pengrajin rotan harus menembus ke tengah hutan untuk mendapatkan rotan. Karena persediaan rota di pinggiran hutan sudah sangat berkurang.

3. Kerangka layang-layang capung berbahan fiber banyak di jual di toko toko mainan anak modern. Kerangka jenis ini dibuat oleh pabrikan yang kebanyakan berasal dari Cina. Barang-barang ini di import oleh para pengusaha atau toko mainan di seluruh Indonesia. Kerangka layang-layang capung berbahan fiber ini seringkali memiliki harga lebih murah dibandingkan yang berbahan tradisional.

Cara Membuat Kerangka Layang-Layang Capung (Sangat Lengkap)

1. Siapkan desain atau rancangan kerangka layang-layang capung berbahan bambu untuk dijadikan acuan pada saat proses pembuatan kerangka dilakukan. Sebaikna desain ini di print out agar lebih memudahkan pada saat pengerjaan.

2. Siapkan bahan baku pembuatan kerangka layang-layang capung berbahan bambu seperti benang, bambu muda, lem, dan jangan lupa untuk menyiapkan alat pembuatan seperti pisau atau cutter, gunting, ampelas dan kain.bisa juga menyiapkan spidol atau pinsil untuk membuat marka atau batas pada bambu saat dilakukan pemotongan nanti.

3. Potong dan belah bambu sama panjang sesuai rancangan kerangka layang-layang capung berbahan bambu yang telah anda print out sebelumnya. Usahakan memotong dengan sangat teliti dan hati-hati agar hasilnya memuaskan dan tidak berat sebelah.

4. Raut bambu yang telah dibelah sesuai kebutuhan, lalu haluskan bambu tersebut dengan menggunakan ampelas agar tidak melukai tangan. Setelah dihaluskan, anda bisa menimbang bambu tersebut dengan benang untuk melihat keseimbangannya. Bambu yang berat sebelah akan membuat layangan tidak stabil saat diterbangkan

5. Setelah siap, tempatkan dan posisikan bambu sesuai rancangan yang ada di print out. Buat lilitan yang di akhirin simpul mati disetiap persilangan bambu yang telah anda posisikan. Setelah simetris, anda hanya tingga menghubungkan sudut-sudut layangan tersebut dengan benang dan kerangka layang-layang capung berbahan bambu siap untuk digunakan.

Cara membuat Layang Capung Seperti Helikopter:

1. Siapkan pola kerangkan layang-layang capung, akan lebih baik jika rancangan ini dicetak sehingga memudahkan anda dalam proses pekerjaan selanjutnya. Usahakan pencetakan dilakukan dikertas berukuran besar agar terlihat lebih jelas bagaimana pola rancangannya.

2. Siapkan rotan dengan diameter 0,5 cm dan alat-alat pendukung lainnya seperti gergaji besi untuk memotong rotan dan pisau atau cutter untuk memotong ranting ranting rotan. Jangan lupa untuk menyiapkan gunting dan ampelas sebagai alat pendukung tambahan.

3. Bersihkan rotan dan lakukan pemotongan sesuai pola yang ada pada gambar yang telah anda cetak. Lakukan pembentukan rotan sesuai pola dan ikat setiap persilangan rotan dengan benang yang telah disiapkan. Akan lebih baik jika anda membuat beberapa lilitan menyilang di pertemuan kedua rotan sebelum disimpul mati agar ikatan rotan lebih kuat.

4. Langkah terakhir adalah melakukan pengiakatan sisi-sisi kerangka dengan benang yan telah disiapkan agar menyerupai bentuk kerangka layang-layang capung yang diinginkan. Setelahnya, anda bisa menimbang kerangka layang-layang yang anda buat ini dengan benang. Jiak seimbang, maka kerangka layang-layang buatan anda ini siap untuk digunakan.

Tutorial Membuat Kerangka Layang Capung dari Fiber:

1. Kerangka layang-layang capung dengan bahan dasar kawat secara khusus dipergunakan untuk membuat kerangka layangan capung dengan ukuran besar. Karakter kawat yang di pilih harus kawat yang kuat dan tidak terlalu elastis karena kawat ini akan menjadi tulang utama untuk kerangka layang-layang capung.

2. Siapkan kawat sesuai dengan ukuran kerangka layang-layang capung yang anda inginkan. Akan lebih baik jika anda membuat rancangan atau desain kerangkanya terlebih dahulu untuk meminimalisir kesalahan. Dikhawatirkan jika anda tidak membuat desain terlebih dahulu akan banyak kaway yang terbuang.

3. Potong kawat sesuai desain yang telah anda buat dan bentuklah sesuai pola yang ada pada gambar kerangka layangan capung tersebut. Setelah dipotong dan dibentuk, anda bisa mengikat atau menyimpul persilangan di antara kawat-kawat tersebut setelah sebelumnya kawat yang anda potong sesuai dengan pola ditempatkan pada posisinya masing-masing sehingga membentuk capung.

4. Setelah kawat dibentuk dan diikat, anda hanya tinggal menyambungkan sudut-sudut kerangka tersebut dengan benang hingga kerangka layanga capung yang anda buat menyerupai gambar kerangka layangan capung yang telah di desain sebelumnya.

Teknik mudah yang bisa kamu coba:

a. Langkah Pertama :

Siapkan bahan-bahan yang akan anda jadikan bahan baku Kerangka layang-layang capung. Bahan yang dipakai bisa menggunakan bahan bambu, rotan kecil, fiber, atau bahkan kawat. Siapkan juga alat alat kerjanya seperti, Pisau atau cutter, gergaji besi, gunting, benang dan ampelas.

b. Langkah kedua :

Siapkan rancangan atau desain gambar kerangka layangan capung yang akan anda buat agar memudahkan anda dalam proses pembuatan kerangka layangan capung selanjutnya. Dengan gambar ini anda akan lebih mudah dalam melakukan pengukuran dan pemotongan bahan baku.

c. Langkah Ketiga :

Lakukan pengukuran pemotongan bahan baku yang hendak dipergunakan dengan mengacu pada desain yang telah dibuat. Usahakan memotong dengan hati hati dan teliti agar hasil pemotongan lebih akurat dan simetris sehingga menghasilkan kerangka yang baik dan seimbang.

d. Langkah Keempat :

Lakukan Penyusunan Kerangka layangan capung sesuai gambar, lalu ikat setiap pertemuan kerangka dengan menggunakan benang yang telah disiapkan. Setelah dilakukan pengikatan pada setiap persilangan, pasanglah benang memanjang di setiap sudut kerangka dan bentuklah kerangka sesuai dengan gambar kerangka layangan capung yang telah anda buat. Anda bisa menimbang hasil kerangka dengan benang. Jika seimbang, maka kerangka layangan capung buatan anda siap untuk digunakan.

Membeli Kerangka Layang-Layang Capung yang Sudah Jadi:

a. Kerangka layang layang capung bisa dibeli di pengrajin tradisional yang memang kesehariannya memproduksi layangan. Bisanya para pengrajin ini sudah memiliki desain atau gambar kerangka layangan capung sendiri sehingga hasilnya akan sangat memuaskan karena dalam proses pembuatannya dibuat dengan teliti dan pengukuran yang pas sehingga menghasilkan Kerangka layangan capung dengan kualitas yang baik.

b. Jika di daerah anda tidak ada pengrajin kerangka layang-layang capung, anda bisa memesan kepada kerabat atau saudara anda yang memiliki kemampuan membuatnya. Ada banyak orang yang bisa dengan mudah membuat kerangka layangan seperti ini, tapi karena beragam alasan, mereka tidak menjadikan kemampuannya itu sebagai penghasilan utama. Terkadang hasil karya orang orang seperti ini bisa sangat bagus

c. Toko Online bisa jadi solusi terakhir bagi anda yang sedang mencari tempat untuk membeli Kerangka Layang-layang Capung. Kerangka layang layang capung yang di jual di toko beragam variannya. Bisa berbahan tradisioal seperti bambu atau rotan, tapi bisa juga berbahan modern yang dicetak oleh mesin seperti bahan fiber glass atau plastik.

Harga Kerangka Layang Capung

@. Untuk Kerangka layang layang capung berbahan bambu, biasanya dibanderol dengan harga 10 ribu rupiah saj untuk satu unit nya. Harga yang sangat murah mengingat proses pembuatan kerangka layangan capung ini cukup rumit dan memakan waktu . Banyak toko online yang menjual kerangka capung seperti ini di internet, anda hanya perlu memikirkan biaya kirimnya saja jika anda memang kebetulan berbeda kota dengan si penjual kerangka layangan.

@Untuk Kerangka dengan bahan Rotan, biasanya dihargai lebih mahal, yaitu ada di kisara 30 samapai 40 ribu rupiah untuk satu kerangka. Hal ini pasti dkarenakan sulitnya mencari rotan saat ini, terlebih kerangka layangan berbahan rotan ini jauh lebih kuat dibanding kerangka layangan capung berbahan bambu.

@Kerangka berbahan fiber biasanya dijual di toko mainan dengan harga yang berada di kisara 50 ribu hingga 200 ribu tergantung ukuran layangan itu sendiri. Bagusnya jika kita membeli layangan buatan pabrik ini, biasanya ada gambar kerangka layangan capung yang bisa dijadikan panduan saat anda merakitnya. Tentu gambar ini akan memudahkan anda dalam proses perakitan karena terkadang kita tidak tahu bagaimana cara memulai perakitan kerangka layangan capung ini.

Berbagai Macam Ukuran Layang Capung

a. Ukuran Kerangka Layang layang capung yang paling kecil adalah 50 Cm. Ukuran ini biasa diterbangkan oleh anak anak karena tidak memerlukan tenaga yang terlalu besar saat menerbangkannya. Kerangka layang layang capung ukuran paling kecil biasanya dibuat dari bahan bambu karena bambu ini sendiri sangat elastis serta tidak mudah patah, tapi cukup ringan untuk diterbangkan.

b. Ukuran Sedang untuk Kerangka layang layang capung adalah 1 meter atau 100 cm. Ukuran ini bisa diterbangkan oleh orang dewasa karena membutuhkan tenaga yang cukup besar. Selain itu dalam proses pembuatannya, biasanya bahan baku yang dipakai adalah bambu berukuran besar, atau fiber karena kerangka layangan capung berukuran besar terntu membutuhkan tulang yang kuat saat diterbangkan.

c. Sedang yang terakhit ukuran Kerangkan layang-layang capung paling besar tentu tidak terbatas, tapi kebanyakan menerbangkan layangan capung dengan kerangka layangan yang memiliki tinggi 3 meter dan lebar 2, 5 meter. Ini bukan sebuah ukuran standar, tapi tentunya untuk menerbangkan Layangnya yang lebih besar dibutuhkan lebih banyak orang sebagai penopang.

Lama Proses Pembuatan Layang Capung

a. Untuk kerangka layang layang capung berukuran kecil biasanya dibutuhkan waktu 1 hingga 2 hari dalam proses pembuatannya. Hal ini dikarenakan ukuran kerangka yang kecil teidak membutuhkan terlalu banyak bahan serta bisa dilakukan secara cepat oleh pembuat layangan dalam segala proses pembuatannya dari mulai proses pemotongan, penimbangan, hingga perakitan.

b. Untuk kerangka layang-layang capung berukuran sedang yaitu antara 1 hingga 2 meter, biasanya dibutuhkan waktu 2 hingga 3 hari untuk membuatnya. Bahan yang digunakan biasanya rotan, karena rotan memiliki elastisitas yang lebih kuat daripada bambu, tentu dibutuhkan tenaga ekstra dalam pembuatannya, apalagi jika ukuran yang di buata memang terbilang besar. Tentu diperlukan waktu yang lebih lama.

Semoga berbagai informasi penting diatas bisa memberikan dampak positif sebagai media pembelajaran bagi anda yang sedang ingin membuat kerangka layang-layang capung baik untuk bermain sendiri atau untuk kontes kampung dan tugas sekolah. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*