Cara Membuat Katrol Layang-Layang yang Mudah dan Praktis

Cara Membuat Katrol Layang-Layang yang Mudah dan Praktis
Cara Membuat Katrol Layang-Layang yang Mudah dan Praktis

Katrol layangan adalah salah satu elemen penting yang harus ada dalam sebuah layang-layang. Karena dengan membuat katrol semacam ini, kita tentunya akan lebih mudah dalam mengendalikan benang saat sedang bermain layang-layang.

Selain itu, manfaat katrol layangan selanjutnya adalah untuk mempermudah berbagai kegiatan lainnya. Misalnya mengendalikan keseimbangan layangan, mempermainkan arah layangan, hingga membuat manajemen benang lebih baik.

Cara Membuat Katrol Layang-Layang

Ok, langsung ke pembahasan, berikut adalah beberapa cara membuat katrol layang-layang yang bisa anda praktikan.

Cara pertama (menggunakan kayu):

A. Untuk melakukan cara membuat katrol layang layang, langkah pertama yang harus anda lakukan adalah menyiapkan bahan kayu yang akan dijadikan katrol, jangan lupa untuk menghaluskannya dengan ampelas terlebih dahulu. Usahakan agar permukaannya lebih lengkung ke dalam di bagian tengahnya sebagai tempat untuk benang. Tapi jangan terlalu dalam karena malah menyebabkan benang menjadi tersendat dan mengait di sisi kayu.

B. Lubangi pinggiran kayu hingga tembus ke sisi berlawanan. Masukkan pasak yang lebih kecil dari lubang yang telah anda buat agar kayu bisa berputar dengan sempurna. Tambahkan pegangan pada pasak yang telah anda masukkan agar lebih mudah mengendalikanya.

C. Mulailah menggulung benang secara perlahan dari kiri ke kanan dan dari kanan kek iri hingga permukaan benang di kayu menjadi rata. Jangan menumpukkan benang di salah satu sisi saja karena akan membuat katrol layang layang anda tersendat nantinya.

D. Cobalah ikat batu ke ujung benang layangan anda dan lemparkan. Jika katrol layangan anda memitar dengan sempurna, berarti katrol layang layang anda siap untuk digunakan.

Cara Kedua (menggunakan kaleng bekas susu):

A. Cara membuat katrol layang-layang yang pertama adalah menggunakan kaleng bekas susu. Kaleng bekas susu sangat mudah untuk didapatkan. Dengan melubangi kaleng di kedua sisi dan memasukkan pasak di tengahnya, anda bisa memiliki katrol layang layang yang bagus dan kuat. Usahaan untuk membersihkan kaleng tersebut dan memastikan tidak ada air di dalamnya.

B. Cara membuat katrol layang-layang yang kedua adalah menggunakan kayu. Hampir sama seperti kaleng, perbedaanya hanya terletak pada pengerjaan awal, yaitu kayu harus dihaluskan terlbehi dahulu menggunakan ampelas, selebihnya, pembuatan katrol dengan kayu ini prosesnya sama dengan pembuatan katrol layang-layang menggunakan kaleng.

C. Cara membuat katrol layang-layang yang ketiga adalah dengan menggunakan bambu. Pilihlah bambu yang bulat sempurna lalu haluskan pinggirannya. Gergaji kedua sisi bambu agar bambu menjadi bolong di kedua sisinya. Setelah bolong, masukkan pasak dan mulai guung benang anda. Untuk menghindari bambu ini loncat, akan lebih baik jika anda menggunakan pasak dari kayu yang diameternya mendekati diameter bambu bagian dalam.

Cara Ketiga (dengan bambu):

A. Cara membuat katrol layang-layang dari bambu adalah dengan memilih bambu berukuran sedang dengan bentuk yang bagus atau bulat sempurna. Potonglah kedua sisi bambu agar buku buku nya hilang. Kemudian bersihkan kotoran di bambu tersebut.anda bisa juga mengecatnya sesuai selera jika ingin hasil arya anda berbeda dengan milik orang lain

B. Carilah kayu berukuran sedang, sebaiknya cari kayu dengan diameter mendekati diameter bambu bagian dalam. Hal ini bertujuan agar bambu tidak loncat saat diputar. Jika sudah menemukan pasak yang cocok, pasanglah pasak tersebut dengan bambu dan buatlah pegangan tambahan pada pasak tersebut agar enak digunakan.

C. Setelah selesai melakukan penambahan pegangan pada pasak, mulailah untuk menggulung benang layang anda. Usahakan untuk menggulung benang dari kiri ke kanan dan kanan ke kiri agar posisi benang merata di permukaan bambu. Jika penggulungan selesai dilakukan, ikatlah ujung benang yang teh digulung dengan batu dan lemparkan sejauh mungkin, semakin jauh batu itu sebarti gulung buatan anda semakin bagus hasilnya.

Baca juga: Macam-macam kerangka layangan.

Cara Keempat (dengan botol minuman):

A. Pilih botol minuman bekas yang masih bagus kondisinya, jika perlu cuci terlebih dahulu agar lebih higienis. Botol mineral ini akan jadi bahan baku pembuatan katrol layangan. jika anda menginginkan nuansa yang berbeda, anda bisa mengecat atau melapisi katrol ini dengan kain yang memiliki warna sesuai selera anda. Anda bisa juga membuat pasak ke tengah botol mineral ini sebagai poros putaran

B. Cari botol bekas seukuran dan potong bagian bawahnya. Potongan bagian bawah ini harus anda tempelkan ke bagian corong botol pertama yang telah ilapisi kain sehingga botol tampak seperti tidak memiliki corong atau lubang. Anda bisa juga merekatkan sambungan botol ini dengan lakban berwarna bening.

D. Setelah botol siap, anda bisa mulai menggulung benang layangan ke botol ini. Gulunglah dari kiri ke kanan dan kanan ke kiri secara bergantian agar gulungan benang jadi merata. Jika gulungan benang mrata katrol layangan akan berputar dengan lancar dan tidak tersendat-sendat saat layangan diterbangkan meski dalam keadaan angin besar.

Cara Kelima (Menggunakan Botol Bekas):

A. Pertama-tama siapkan bahan baku yang akan digunakan sebagai katrol yaitu botol bekas. Botol bekas memiliki tekstur yang licin sehingga sangan baik jika dijadikan gulungan benang. Untuk membuatnya anda hanya perlu membersihkan botol bekas yang akan anda pergunakan sebagai katrol dan membuat pasak yang akan anda masukan ke dalam botol.

B. Pasak yang anda masukan ke botol harus memiliki ukuran sama dengan lubang botol agar botol tidak bergerak-gerak saat memutar, atau saat layangan terkena angin besar. Jika pasak yang anda miliki terlalu besar, anda bisa mengecilkannya dengan membubutnya atau menghaluskannya dengan ampelas. Jika dirasa masih terlalu besar, dan tidak ada mesin bubut anda bisa mengirinya terlebih dahulu menggunakan golok.setelah ukurannya pas, anda bisa mengampelasnya secara berualang agar lebih halus.

C. Setelah pas, anda bisa mulai menggulung benang di katrol layang-layang buatan anda. Inilah cara membuat katrol layang-layang dengan botol bekas. Jangan lupa untuk menggulung benang secara merata dari kiri ke kanan, agar benang merata dipermukaan katrol. (Baca juga: Cara membuat kerangka layang elang)

Cara Keenam (dengan kayu / bambu):

A. Siapkan kayu berbentuk bulat, jika tidak berbentuk bulat anda bisa melakukan pembubutan terlebih dahulu. Atau bisa juga dengan bambu. Carilah pasak yang berukuran lebih kecil dari kayu untuk ditempatkan di tengah kayu sebagai poros.

B. Langkah ke dua, haluskan kayu berbentuk bulat tersebut dengan ampelas, dan buatlah agak cekung ke dalam dibagian tengah. Selanjutnya anda harus melakukan pengeboran di sisi kayu hingga tembus ke sisi lainnya sebagai lubang untuk poros. Buatlah lubang yang sesuai dengan panjang kayu dan diameter poros.

C. Setelah lubang poros siap, siapkan kayu yang akan dijadikan poros dan tusukan ke lubang yang telah dibuat. Usahakan agar diameter poros yang ditusukan dengan diameter lubang yang telah dibuat tidak terlalu jauh perbedaannya agar kayu bulat tersebut tidak bergoyang-goyang saat berputar atau diterbangkan.

D. Mulailah meililit kayu dengan benang layangan secara merata dari kiri ke kanan dan sebaliknya dari kanan ke kiri. Hal ini bertujuan agar benang benar-benanr merata dipermukaan katrol. Jika benang merata putaran katrol akan lebih lancar.

Cara Ketujuh (dengan kayu tekstur lembut):

A. Siapkan kayu dengan tekstur lembut. Siapkan juga mesin bubut dan alat penunjang lainnya seperti pisau, ampelas, baut dan benang serta cat jika anda ingin katrol anda lebih berwarna. Jangan lupa menyiapkan benang layangan yang akan digulung.

B. Setelah semua peralatan siap, siapkan dua belah kayu yang akan menjadi penyangga di sebelah kiri dan sebelah kanan. Siapkan satu kayu lagi uang akan dijadikan alasa atau pegangan. Setelah sia, lubang kayu penyangga sebelah kiri dan kanan di titik yang sama. Lalu masukan kayu yang akan dijadikan pasak e dalam lubang tersebut. Usahakan agar diameter poros tidak terlalu jauh perbedaannya dengan diameter lubang yang telah dibuat di penyangga.

C. Tutup sisi kanan dan kiri pasak dengan penyangga, lalu tempelkan alas di bawah penyangga dengan menggunakan baut. Setelah semua langkah tersebut selesai dilakukan, anda bisa mulai menggulung benang secara merata dari kiri ke kanan atau kanan ke kiri. Jika lilitan benang dibuat merata maka putaran poros akan lebih lancar dan jauh dari tersendatnya benang.

Cara Kedepalan (dengan kaleng cat):

A. Kaleng juga bisa digunakan sebagai bahan baku pembuatan katrol layang-layang dari bahan bekas. Terutama kaleng susu. Kaleng susu sangat mudah untuk di dapatkan dan sudah sangat lumrah dijadikan gulungan benang. Akan lebih baik jika anda membersihkan terlebih dahulu kaleng bekas ini dan membersihkan semua isi di dalamnya agar hasilnya lebih maksimal.

B. Kayu bekas bisa juga digunakan sebagai bahan membuat katrol layang-layang dan merupakansalah satu materi atau bahan baku yang sering keluar saat dilakukan pencariantentang cara membuat katrol dari barang bekas. Tapi tentunya kayu ini perlu untuk diolah terlebih dahulu karena kayu memiliki kontur yang keras dan tidak selalu berbentuk bundar.

D. Botol plastik bekas minuman juga sering kali digunakan sebagai bahan baku pembuatkan katrol layang-layang. Dan jika anda bertanya mengenai cara membuat katrol layang-layang bahan baku ini adalah bahan baku yang paling mudah didapatkan. Selain mudah, bahan baku ini juga sangat lentur dan mudah untuk dibentuk sehingga tidak terlalu sulit saat digunakan sebagai katrol.

Penggunaan mesin untuk membuat katrol layang-layang:

1. Cara membuat katrol layang layang atau gulungan benang layangan yang paling mudah adalah dengan menggunakan mesin butu karena bisa dengan mudah membentuk dan mengukir kayu atau papan yang dijadikan bahan baku katrol. Selain itu, hasil yang didapat dari penggunaan mesin bubut juga jauh lebih sempurna karena menghasilkan bentuk bulat yang sempurna. Tentu saja dikarenakan mesin bubut adalah mesin yang sangat bagus untuk mengolah kayu. Tapi tentu dibutuhkan skill yang baik karena tidak semua orang bisa mengoperasikan mesin bubut ini. Ingat, anda harus hati-hati dalam hal ini.

2. Cara membuat katrol layang layang yang kedua ada pada pembuatan katrol dengan media kaleng beka, karena kaleng bekas juga sudah memiliki bentuk yang bulat sempurna sehinnga akan sangat bagus saat terjadi putaran. Tentunya diperlukan pasak yang bagus juga untuk membuat katrol bisa berputar secara sempurna. Selain kaleng, media bisa juga diganti dengan bambu, asalkan bambu yang dipakai juga memiliki bentuk bulat sempurna dan tidak keriput. Hanya saja dibutuhkan pasak yang benar benar bagus untuk membuat katrol ini bisa berfungsi dengan baik.

Tempat Beli Katrol Layangan

Bagi yang merasa bingung cara membuat katrol layang-layang sendiri, anda bisa membelinya saja. Mudah dan praktis. Tapi karena sekarang jarang yang jual, maka kita bisa membeli di tempat dimana barang-barang apapun dijual. Yaitu internet. Anda bisa beli katrol layang-layang secara online.

Itulah berbagai macam jenis dan cara membuat katrol layang-layang yang mudah dan simpel dari berbagai bahan tradisional disekitar kita. Jika kita kreatif, tentunya berbagai bahan dasar bisa disulap dengan lebih indah untuk sebuah katrol layangan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*