13+ Macam-Macam Kertas Untuk Layangan

Macam-Macam Kertas Untuk Layangan
Macam-Macam Kertas Untuk Layangan

Ada berbagai macam kertas yang bisa kita gunakan untuk bermain layangan. Diantaranya ada kertas payung, kertas wajik, dan juga kertas minyak. Selain kertas-kertas itu, ada berbagai macam kertas untuk layangan lainnya yang dapat kita gunakan.

Berikut ini kami sajikan berbagai macam jenis kertas yang bisa digunakan untuk membuat layangan. Ingin tahu apa saja? Silakan simak pembahasannya di bawah ini.

Macam Kertas Untuk Layangan

Berikut ini ada banyak jenis kertas untuk layangan yang bisa kamu bikin untuk keperluan membuat layangan kecil maupun layangan besar. Pilihlah yang paling mudah ditemukan disekitar anda.

1. Kertas Minyak adalah nama kertas untuk layangan yang paling sering digunakan sebagai bahan pembuatan layangan. Kertas ini biasanya dipakai dalam pembuatan layangan tradisional. Selain mudah untuk di dapatkan, kertas jenis ini juga memiliki bobot yang sangat ringan. Sayangnya kertas jenis ini sangat rentan terhadap air.

2. Kertas wajik juga seringkali digunakan sebagai bahan utama dalam pembuatan layang-layang. Nama kertas ini memang unik dan memang ditujukan untuk pembuatan wajik. Lantas mengapa digunaka untuk pembuatan layangan? Hal ini dikarenakan kertas wajik memiliki sifat yang sama dengan kertas minyak, bedanya kertas wajik memiliki warna yang lebih variatif.

3. Kertas Koran adalah opsi yang sangat bijak jika anda ingin memproduksi layangan secara massal, selain murah dan mudah didapat, kertas layangan ini akan membuat layangan anda lebih berbeda dari layangan orang lain karena terbuat dari bahan koran. Sayangnya kertas ini sangat rentan terhadap air, jadi sangat tidak mungkin jika digunakan jangkan panjang, bayangkan jika anda sedang menerbangkannya kemudian terjadi hujan, kemungkinan layangan anda akan langsung sobek sobek karena tertembus air hujan.

4. Kertas Koran Tipis adalah alternatif paling murah jika anda hendak membuat layangan. Selain tidak perlu beli karena kemungkinan anda memilikinya di rumah, kertas koran juga memiliki bobot yang ringan. Selain itu, corak yang dihasikan oleh kertas koran ini tentu akan sangat unik karena berbeda dengan kertas lainnya. Anda bisa memilih kertas koran yang masih bagus untuk membuat layangan seperti ini.

5. Kertas Minyak juga pilihan yang baik jika anda mencari nama kertas untuk layangan di internet. Kertas ini terbilang cukup elastis dan mampu menghadapi tekanan angin yang besar. Selain warna nya variatif. Kertas minyak juga cukup kuat terhadap air meskipun tidak untuk jangka panjang. Kertas minyak ini bisa anda dapatkan dengan mudah di toko bahan baku kue, atau di toko kertas dan plastik.

Baca Juga :  Cara Membuat Katrol Layang-Layang yang Mudah dan Praktis

6. Kertas Wajik Warna-warni sangat bagus untuk membuat layangan karena memiliki kontur permukaan yang berkilauan. Selain itu, dengan menggunakan kertas wajik terutama yang berwarna putih, anda bisa menambahkan ornamen berupa gambar atau lukisan yang bisa dibuat menggunakan cat, agar layangan anda buat terlihat makin cantik.

7. Kertas nasi ukuran besar yang bisa di dapat di toko kertas merupakan salah satu nama kertas untuk layangan yang bisa digunakan. Selain elastis, kertas ini bisa menahan tekanan angin yang besar sehingga cocok untuk dijadikan layangan di daerah dengan angin yang besar seperti di pantai. Hanya saja kertas ini agak sulit untuk di bentuk karena susah merekat jika menggunaka lem biasa.

8. Kertas Jilid selain memiliki bobot yang sangat ringan juga memiliki serat yang kuat sehingga cocok untuk digunakan di daerah bertekanan angin yang besar. Tapi hati hati karena kertas ini sangat rentan jika terkena air. Untuk menambah cantiknya, anda bisa juga menggunakan capuran kertas minya dengan warna yang berbeda. Sepertinya warna merah putih akan terlihat sangat cocok di langit.

9. Kertas buram yang mirip teksturnya dengan kertas koran bisa digunakan untuk bahan pembuatan layangan ini. Ntuk mendapatkan kertas buram dalam ukuran yang besar, anda bisa mencarinya di toko kertas, biasanya kertas ini dijual ukuran plano. Anda bisa dengan bebas membentuknya sesuai dengan kerangka layangan yang anda buat sebelumnya.

10. Kertas tissu kraft juga cocok untuk dijadikan bahan layangan. Kertas ini merupakan salah satu nama kertas untuk layangan yang banyak dijual di toko-toko online. Untuk mengguanakan kertas tissu kraft sebagai bahan baku layangan anda harus melakukan pemotongan dan pembentukan secara hati-hati karena kertas jenis ini sangat rentan sobek. Jangan juga sampai terkena air karena kertas ini memiliki karakter menyerap air.

11. Kertas buku bekas juga bisa digunakan untuk bahan baku pembuatan layangan. Hanya saja karena ukurannya memang kecil anda harus bisa menyatukan beberapa lembar kertas buku bekas ini agar sesuai dengan ukuran kerangka layangan yang telah anda buat sebelumnya. Selain murah, kertas ini tentunya sangat mudah untuk didapatkan karena pastinya anda atau saudara banyak yang memiliki buku bekas yang sudah tidak terpakai.

Baca Juga :  Cara Membuat Kerangka Layang-Layang Capung

12. Kertas origami adalah salah satu jenis kertas yang banyak tersedia di toko-toko alat tulis sebagai bahan kerajinan. Sekedar informasi, fungsi kertas ini sebenarnya bukan hanya untuk membuat kerajinan lipatan saja. Kertas ini bisa digunakan juga sebagai bahan baku pembuatan layangan. Terlebih, kertas ini tersedia dalam beragam varian warna dan permukaan kertasnya telah mengalami proses laminasi sehingga tidak rentan terhadap air. Selain itu kertas ini juga memiliki bobot yang lebih berat sehingga cocok untuk digunakan diwilayah dengan tekanan angin yang tinggi.

13. Kertas karton sebenarnya tidak bisa digunakan sebagai bahan pembuatan layangan. Hanya saja, pilihlah kertas karton tik yang ukurannya besar. Tujuannya, agar lebih mudah untuk dipotong dan dibentuk. Pada saat melakukan pemotongan, sebaiknya gunakan cutter karena akan terlihat lebih rapih. Sebelumnya gambarlah pola terlebih dahulu agar ukuran kertas yang anda potong sesuai dengan kerangga layangan yang anda buat.

14. Kertas HVS adalah salah satu nama kertas untuk layangan yang sering direkomendasikan sebagai bahan baku untuk pembuatan layangan. Kertas ini teksturnya mirip dengan kertas koran, hanya saja bobotnya lebih berat dan tentunya kertas buram ini kondisinya polos belum tercetak atau memiliki isi seperti kertas koran. Untuk mempercantik, kita bisa bisa menambahkan warna atau corak pada kertas buram yang dijadikan bahan layangan dengan menggunakan cat air atau spidol warna.

15. Kertas bekas kalender juga bisa digunakan untuk bahan dasar pembuatan layangan yang mudah untuk didapatkan di rumah anda. Usahakan kertas yang anda siapkan masih dalam keadaan bagus . Seperti anda tahu, kertas kalender didesain dengan tekstur yang elastis sehingga sangat mudah untuk dibentuk di kerangka layangan anda dan juga tebal jadi tidak mudah sobek saat diterbangkan dalam tekanan angin yang tinggi.

Banyak bukan? Itulah berbagai macam kertas untuk layangan yang bisa kamu pilih dan dibuat sesuka hati anda. Semoga bermanfaat dan bisa anda manfaatkan untuk hal yang berguna.

2 Comments

  1. Keren bang, tulisan ini mengingatkan saya kalau dulu masih kecil belum bisa terbangin sama sekali layangan. Pasti minta tolong pada, TEMEN.

    Informasinya bagus, dari tampilan website nya simple dan enak dibaca tulisannya bang. Salam kenal dari Kediri

  2. Waktu kecil saya suka dan sering membuat layangan dari kertas koran. Dengan rangka bambu yang saya buat sendiri. Sementara yang saya beli ya benang agar layang-layang bisa terbang dan kita kendalikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*